Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Salah satu bisnis yang akan terus berjaya adalah usaha makanan ringan serba 2000 hingga 5000. Usaha makanan ringan bisa menjaring berbagai macam konsumen yang stabil, mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang tua.

Karena modalnya minim namun bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan, bisnis makanan ringan sangat cocok bagi Anda yang baru terjun sebagai wirausaha. Bahkan jika terus berkembang, usaha seperti ini bisa dijadikan mata pencaharian utama.

Begini Metode Usaha Makanan Ringan 2000

1. Reseller

Gambar Reseller Usaha Makanan Ringan
blog.amartha.com

Untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu, metode reseller mungkin bisa digunakan. Anda bisa membeli produk makanan ringan yang sudah jadi kemudian membungkusnya kembali dalam kemasan yang lebih kecil.

Misalnya Anda membeli keripik singkong per kg dengan harga Rp 10.000. Kemudian bungkus ulang keripik singkong tersebut sesuai dengan ukuran yang ingin Anda jual, bisa 100 gram atau 50 gram.

Seumpama memilih ukuran 100 gram, maka Anda bisa menjualnya kembali dengan harga Rp 2.000. Berarti hasil yang didapat adalah Rp 2.000 x 10 bungkus = Rp 20.000.

Jika dihitung dengan modal dan biaya plastik, maka keuntungan bersih dari 1 kg keripik singkong kurang lebih Rp 5.000 – Rp 8.000.

Kelebihan metode ini tentunya praktis, namun tantangannya adalah Anda harus mencari suplier yang tepat dengan kualitas yang paling baik serta harga yang paling murah. 

2. Produksi Sendiri

Gambar Produksi Rumahan Usaha Makanan Ringan
kajanglako.com

Jika Anda memiliki banyak waktu maka produksi makanan ringan sendiri sangat kami sarankan karena keuntungan yang didapat akan jauh lebih banyak. 

Produksi makanan ringan tidak memerlukan peralatan yang rumit, beberapa makanan hanya membutuhkan bahan baku, bumbu, dan peralatan memasak biasa.

Sebagi contoh bahan baku dengan harga Rp 5.000 bisa dimasak menjadi 20 bungkus. Harga jual jual per bungkusnya yaitu Rp 3.000.

Maka hasil yang didapat adalah Rp 3.000 x 20 bungkus = Rp 60.000. Apabila dihitung dengan biaya produksi maka kuntungan bersih minimalnya yaitu Rp 40.000. Sangat menggiurkan bukan?

Contoh Usaha Makanan Ringan Serba 2000

1. Taro

Gambar Usaha Makanan Ringan Serba 2000 Taro
shopee.co.id

Siapa yang tidak tahu taro? makanan ringan yang berasal dari kerupuk jaring ketupat ini memang sudah populer sejak dulu.

Ternyata produksi taro ini tidaklah sulit, Anda hanya perlu menggoreng kerupuk jaring kemudian menaburkan bumbu tabur seperti rumput laut. Anda juga bisa menambahkan bumbu tabur lain sebagai varian.

2. Makaroni

Gambar Usaha Makanan Ringan Serba 2000 Makaroni
shopee @rezkaherviana

Makaroni merupakan makanan ringan yang gurih, renyah, dan semua orang akan ketagihan ketika memakannya. Karena itu membuka usaha makanan ringan makaroni sangat kami rekomendasikan.

Proses pembuatan makaroni sangat mudah, Anda bisa membeli 1kg makaroni yang masih mentah dipasar tradisional atau online shop.

Makaroni sendiri memiliki 3 jenis, yaitu makaroni basah, makaroni bantet, dan makaroni kerupuk. Pilihlah makaroni bantet untuk membuat jajanan ini ya.

Merk makaroni bantet yang direkomendasikan adalah A1 dan Delon seharga Rp 18.000 per kg.

Makaroni bantet sendiri memiliki tekstur yang renyah kriuk sehingga sangat cocok dikombinasikan dengan bubuk pedas. Jangan lupa tambahkan juga bumbu penyedap royco supaya rasanya makin gurih.

Karena saat digoreng akan mengembang, kira-kira dari 1 kg makaroni mentah tersebut akan menghasilkan 30 bungkus makaroni siap makan. Tentunya sangat banyak dan menguntungkan bukan?

3. Pangsit

Gambar Usaha Makanan Ringan Serba 2000 Pangsit
shopee.co.id

Usaha makanan ringan yang tak kalah enak dan banyak digemari adalah pangsit. Pangsit yang dimaksud bukan pangsit berukuran besar ya, melainkan pangsit yang ukurannya kecil dan kulitnya tipis.

Bahan utama yang diperlukan adalah 1 pack kulit pangsit yang bisa Anda beli di pasar seharga Rp 5.000. Belilah kulit pangsit yang masih segar, apabila kulit pangsit tersebut memiliki aroma asam, maka jangan dibeli karena sudah basi.

Karena kulitnya masih berupa lembaran, potong kulit tersebut menjadi kotak kecil. Kemudian goreng dengan api ukuran sedang. Hanya beberapa menit maka pangsit sudah bisa ditiriskan dan siap untuk dibumbui.

Bumbu yang digunakan adalah bumbu tabur rasa asin, rasa balado, dan rasa pedas yang dicampur dengan asin.

Apabila dikemas menggunakan plastik standing pouch ukuran 12 x 20 cm. Maka 1 pack pangsit mampu menghasilkan 20 bungkus.

3. Cimol

Gambar Usaha Makanan Ringan Serba 2000 Cimol
cookpad.com

Jajanan aci ini memang sudah sangat populer dan banyak peminatnya. Rasanya yang gurih dan teksuturnya yang kenyal membuat siapa saja ketagihan untuk memakannya.

Untuk membuat cimol bahan-bahan yang diperlukan sangat sederhana dan tentunya murah. Bahkan Anda hanya perlu menyiapkan dana Rp 3.000 untuk bahan utamanya, yaitu 1/4 tepung tapioka. 

Kemudian bahan pelengkapnya 1/2 sdt garam, 1/2 sdt penyedap, dan bumbu tabur jika cimol telah matang.

Dengan dana sekecil itu, Anda bisa menjual cimol di sekolah atau depan rumah dengan harga Rp 5.00 per biji. Jika ada yang beli 10 biji saja, maka Anda sudah balik modal bukan?

Memang kadang penjual cimol dipandang sebelah mata, namun jika dilihat dengan seksama, keuntungan yang didapat sangat luar biasa!

Jika Anda tertarik untuk memulai usaha makanan ringan cimol, kami sarankan untuk banyak belajar cara membuatnya terlebih dahulu hingga mendapatkan adonan yang pas dan suhu penggorengan cimol yang benar.

4. Twist Corn

Gambar Usaha Makanan Ringan Serba 2000 Twist Corn
lazada.co.id

Twist corn atau yang lebih dikenal dengan jajanan Cheetos ini ternyata bisa dibuat secara manual dengan bahan-bahan yang mudah didapat. 

Dimana hanya dengan 1 buah jagung ukuran besar, Anda bisa mendapatkan 1 nampan jajanan twist corn. Supaya rasanya semakin mantap Anda juga bisa menambahkan bumbu tabur pada jajanan ini.

5. Keripik Singkong Pedas Manis

Gambar Usaha Makanan Ringan Serba 2000 Keripik Singkong Pedas
kompas.com

Keripik singkong pedas manis dibeberapa daerah mungkin sudah jarang ditemukan, karena itu ini adalah peluang Anda untuk  kembali memunculkan jajanan ini. 

Anda tahu harga 1 kg singkong dipasaran bukan? Ya, memang sangat murah, terlebih jika Anda langsung membelinya dari petani.

Singkong tersebut nantinya diiris tipis hingga menghasilkan banyak sekali keripik dan tentunya sangat menguntungkan. 

Untuk bumbu pedas manisnya juga sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan air, cabe merah, cabe rawit, bawang putih, dan garam.

Anda bisa menjual keripik singkong pedas manis dengan harga Rp 5.00 untuk kemasan yang kecil. Kemudian untuk kemasan besarnya Anda bisa menjualnya dengan harga Rp 2.000 – Rp 5.000.

6. Nasi Ting-ting

Gambar Usaha Makanan Ringan Serba 2000 Nasi Ting Ting
cyberscapeandtime.com

Ingin usaha makanan ringan serba 2000 yang lebih gampang lagi? Jawabannya adalah nasi ting-ting ini. Bagaimana tidak? hanya bermodalkan nasi bekas saja Anda sudah bisa memulai usaha!

Yang perlu Anda siapkan hanyalah nasi aking (nasi yang sudah dijemur 1 sampai 2 hari), air, asam sitrat (bisa diganti jeruk nipis) dan gula.

Sangat minimalis bukan? dengan modal yang sangat kecil tersebut Anda bisa menjual nasi ting-ting dengan ukuran dadu sekitar 5 cm dengan harga Rp 5.00. Jika ingin dibuat Rp 2.000 maka potonglah dengan ukuran yang lebih besar.

7. Kentaki

Gambar Usaha Makanan Ringan Serba 2000 kentaki
cookpad.com

Mungkin dalam pikiran Anda terbesit tanya, kok bisa Kentaki dijadikan makanan ringan? Tentu bisa dengan memperkecil ukuran daging dan mempertebal lapisan tepungnya!

Begini perhitungannya, Anda perlu membeli 1 kg daging ayam yang terdiri dari 4 dada. Kemudian potong semuanya menjadi kecil sekitar 40-50 bagian.

Mari kita hitung, estimasikan saja bumbu yang dipakai semuanya Rp 15.000 dan dagingnya Rp 35.000. Maka total modalnya kira-kira 50.000.

Dengan menjual seharga Rp 2.000 per potong Anda akan mendapatkan keuntungan Rp 50.000 juga. Anda juga bisa menjual dengan harga Rp 3.000 supaya untung yang didapat lebih banyak.

8. Minipao (Mini Bakpao)

Gambar Usaha Makanan Ringan Serba 2000 Minipao Karakter
youtube @TheHasanVideo

Anda bisa membuat bakpao versi mini untuk jajanan anak-anak, yaitu minipao. Minipao bisa Anda jual dengan harga Rp 1.000 – Rp 2.000 (sesuaikan ukuran dan modal).

Perhitungannya dengan modal Rp 10.000 – 20.000 untuk tepung dan lain-lain, Anda bisa membuat 30 bakpao atau lebih. Setelah itu tinggal kalikan saja dengan harga jual Anda, menguntungkan bukan?

Anda juga bisa memberi pewarna makanan dan gambar-gambar pada minipao supaya lebih menarik.

9. Kentang Goreng

Gambar Usaha Makanan Ringan Serba 2000 Kentang Goreng
intisari.grid.id

Di sebuah restoran fast food, kentang goreng merupakan camilan yang  digemari. Namun namanya saja di restoran tentunya memiliki harga yang lumayan.

Nah, karena peminatnya banyak Anda bisa membuat usaha kentang goreng versi “makanan ringan” atau “jajanan” dengan rasa yang tak kalah enak dengan versi restoran.

Cara memasaknya terbilang sangat mudah, Anda hanya perlu membeli kentang 1 kg, garam, tepung maizena dan bumbu tabur. 

Dengan modal keseluruhannya yang kurang lebih Rp 25.000, Anda bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan.

Silahkan takar kemasan dan porsi yang pas untuk harga Rp 2.000 ya. Begitu juga jika pembeli ingin membeli dengan harga yang lebih tinggi, pastikan porsinya sesuai.

10. Kentang Arab

Gambar Usaha Makanan Ringan Serba 2000 Kentang Arab
youtube @agoes chuguy

Masih satu jenis dengan jajanan sebelumnya, kentang arab merupakan kentang yang dipotong memanjang dengan ukuran sedikit besar kemudian dibaluri tepung.

Bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah kentang (pakailah kentang yang memanjang atau lonjong), terigu, air, merica, garam, kaldu ayam. Sangat simpel bukan?

Walaupun bahan utamanya adalah kentang, namun rasa dari jajanan ini seperti memakan daging ayam lho. Tentunya sangat enak dan crispy.

Untuk harga jualnya Anda bisa menyesuaikan sendiri dengan ukuran potongan kentang, saran kami buatlah harga paketan, seperti Rp 5.000 mendapat 3 potong kentang arab.

Tips Sukses Usaha Makanan Ringan Serba 2000

1. Cara pengemasan harus sesuai dengan target pasar

Gambar Plastik Standing Pouch untuk Usaha Makanan Ringan
dikemas.com

Sesuaikan target pasar dengan kemasan yang akan dipakai, jika target pasar Anda adalah anak-anak maka gunakanlah plastik yang biasa saja.

Anak-anak lebih menyukai warna makanan yang menarik dengan harga yang murah. Karena itu Anda harus memotong biaya produksi seminimal mungkin.

Kemudian jika target pasar Anda adalah remaja hingga dewasa, Anda bisa menggunakan plastik yang kualitasnya lebih bagus.

Disamping rasa, target remaja hingga dewasa juga akan mementingkan kebersihan makanan dan kesan makanan yang lebih meyakinkan.

Kemasan yang memiliki kualitas bagus yaitu plastik standing pouch. Plastik tersebut juga memiliki klep buka tutup sehingga ketika makanan tidak habis, konsumen bisa menyimpannya kembali. Supaya makin menarik Anda juga bisa menambahkan stiker produk pada kemasan.

Namun jika menggunakan plastik tersebut beserta stiker jangan lupa untuk menaikkan sedikit harga jual supaya biayanya bisa tertutup.

2. Tentukan cara pemasaran makanan 

Gambar Cara Pemasaran Usaha Makanan Ringan
blog.tokotalk.com

Untuk cara pemasarannya Anda bisa menjual makan ringan serba 2000 di rumah sendiri, dititipkan pada warung, atau menjualnya di sekolah.

Selain itu, karena hampir semua orang sudah memiliki media sosial, mempromosikan makanan secara online juga sangat direkomendasikan. Jika ada yang memesan Anda tinggal antarkan saja ke pelanggan.

Jika anda menitipkan makanan ringan pada warung, pilihlah warung yang ramai ya. Kemudian sepakati pembagian hasilnya.

Saran kami maksimal pembagiannya yaitu 20 % untuk warung. Jangan lupa untuk terus menjaga hubungan baik dengan warung tersebut.

3. Jaga kualitas makanan ringan

Gambar Kualitas Produk pada Usaha Makanan Ringan
specpage.com

Kualitas makanan sangat penting untuk dijaga, sekalipun itu hanya makanan ringan. Siapapun target pasar Anda, soal rasa makanan tentu menjadi prioritas konsumen.

Jika mereka sudah merasakan makanan ringan yang enak, peluang mereka untuk membelinya lagi tentu akan sangat besar. Sebaliknya jika dari pertama membeli sudah kecewa, mereka tentu tidak akan membelinya lagi.

Kemudian jangan pernah menggunakan bahan-bahan yang aneh, gunakanlah bahan-bahan yang baik untuk kesehatan. Berbuatlah yang jujur, maka jalan Anda untuk memulai usaha makanan ringan sudah pasti akan dimudahkan.

Baca Juga : Nama Usaha yang Bagus dan Artinya

Itulah ulasan lengkap mengenai usaha makanan ringan serba 2000 yang bisa kami berikan. Jika Anda tertarik dengan salah satu contoh diatas, Anda bisa mencari cara pembuatannya lengkap di youtube yang kami referensikan berikut.

Referensi produk 

Tinggalkan komentar