Jualan Makanan yang Laris di Kampung

Bisnis atau usaha makanan adalah bisnis yang paling laris untuk saat ini, karena banyak sekali orang yang hobi jajan makanan. Anda bisa mencoba ide jualan makanan yang laris di kampung, karena usaha makanan ini tak hanya laris di daerah perkotaan saja tapi juga dipedesaan atau kampung.

Jumlah penduduk yang sedikit di desa, tak berarti daya beli masyarakatnya juga rendah. Namun sebaliknya, banyak juga penjual makanan yang menjual segala jenis makanan di desa atau kampung kemudian laris.

Ide untuk Jualan Makanan yang Laris di Kampung

Jika ingin berjualan makanan di pedesaan atau perkampungan dan kemudian laris, sebaiknya Anda memilih jenis makanan dengan lebih cermat. Jenis makanan apa yang kira-kira disukai oleh mayoritas penduduk kampung tersebut.

Pastikan juga kualitas rasa dari makanan itu memang sudah teruji, enak dan lezat. Berikut ini ide dan inspirasi untuk berjualan makanan yang laris di kampung:

1. Roti Bakar

Gambar Jualan Rotibakar Laris di Kampung
qraved.com

Baik di perkampungan maupun di perkotaan, makanan yang satu ini selalu disukai oleh banyak orang. Hampir di seluruh penjuru Indonesia, selalu ada yang berjualan roti bakar. Makanan yang satu ini merupakan pilihan makanan yang cepat laku.

Apalagi jika Anda menambahkan toping-toping favorit pada roti tersebut seperti misalnya sosis, daging, telur dan masih banyak lagi. Sehingga rasa dari roti bakar ini tak hanya yang manis saja, tetapi juga yang asin dan gurih.

Usaha jualan makanan roti bakar juga bisa menjadi usaha yang menjanjikan, terutama jika Anda bisa membuat bumbu yang enak pada makanan tersebut. Para penggemar roti akan menjadi langganan Anda, jika Anda mampu membuat roti dengan rasa yang berbeda.

2. Martabak

Gambar Jualan Martabak Laris di Kampung
topwisata.info

Jenis makanan lainnya yang juga akan laris di kampung adalah martabak. Makanan khas Indonesia ini juga menjadi makanan yang paling banyak dicari. Hampir di setiap daerah dan pinggir jalan raya, ada yang berjualan martabak.

Walaupun bukan jenis makanan pokok, tetapi martabak juga sering dijadikan makanan buah tangan. Maka martabak akan menjadi jenis makanan yang cepat laku jika dijual di daerah pedesaan atau kampung.

Ada dua jenis martabak yang selama ini dijual, yaitu martabak asin dan martabak manis. Untuk martabak asin biasanya berupa martabak dengan isian daging dan telur.

Sedangkan untuk martabak manis lebih variatif, karena terdiri dari banyak rasa seperti coklat, strawberry, keju, dan sebagainya. Kualitas makanan, inovasi dan juga variasi dalam membuat makanan martabak yang unik akan menjadikan usaha Anda lebih berkembang.

3. Aneka Kue Basah

Gamar Aneka Kue Basah untuk Jualan di Kampung
mamikos.com

Biasanya masih banyak jenis-jenis kue basah yang dijual di daerah pedesaan atau perkampungan, yang berupa aneka kue tradisional. Selain kue basah banyak juga kue-kue kering yang dijual di pedesaan tersebut.

Untuk kue kering biasanya sudah dikemas secara khusus, dan siap dimakan setelah dibeli. Anda bisa menitipkannya di beberapa warung atau minimarket. Sedangkan untuk penjualan kue basah harus habis di waktu yang sama, karena tak bisa disimpan terlalu lama.

Jika ingin berjualan kue basah Anda bisa membuka warung kopi, warung-warung khusus sarapan, dan sebagainya. Bisa juga dengan membuka toko kecil khusus untuk menjual kue-kue basah.

4. Keripik

Gambar Jualan Makanan Keripik Laris di Kampung
genpi.com

Keripik yang rasanya gurih dengan tekstur renyah juga biasanya dijual di daerah perkampungan. Keripik menjadi salah satu alternatif jualan makanan yang akan laris jika Anda berjualan di kampung.

Bahan baku untuk membuka keripik juga sangat mudah, misalnya rebung, singkong, jagung, pisang dan masih banyak lagi. Hampir setiap orang menyukai makanan keripik, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dan orang tua.

Dalam memasarkan keripik di perkampungan, Anda bisa mencoba beragam jenis metode penjualannya. Promosikan ke warung-warung dan menitipkannya di minimarket di sana. Bisa juga dengan berjualan melalui media sosial.

5. Sosis Bakar

Gamabar Jualan Makanan Sosis Bakar di Kampung yang Laris
tukangreview.com

Kini, semakin banyak orang yang berjualan sosis bakar. Selain rasanya enak, harganya murah meriah. Apalagi disantap saat masih panas dan baru diangkat dari pembakaran.

Sosis menjadi salah satu jenis makanan yang cepat laku, dan bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan di pedesaan. Modal untuk menjalankan bisnis sosis bakar ini juga tidak besar, dan bisa dimulai dengan berjualan di gerobak saja terlebih dahulu.

6. Gorengan

Gambar Jualan Makanan di Kampung Gorengan
wiratech.co.id

Makanan yang satu ini juga termasuk jenis makanan yang umum, dan banyak dijual di mana saja. Gorengan juga merupakan makanan favorit banyak orang, dan tidak sulit dicari karena banyak orang yang berjualan gorengan.

Hal itu membuktikan bahwa jenis makanan yang satu ini bisa menjadi alternatif jenis makanan, yang laku dijual di kampung-kampung. Gorengan telah menjadi jenis makanan yang paling diburu dan dicari oleh banyak orang di Indonesia.

Penghasilan dari berjualan gorengan ini juga tidak bisa diremehkan. Banyak penjual gorengan yang berhasil memperoleh keuntungan hingga puluhan juta setiap bulannya.

Apalagi jika Anda mampu membuat gorengan dengan rasa yang berbeda dan lebih enak, dari gorengan pada umumnya.

7. Ayam Goreng Krispi

Gambar Jualan Makanan di Kampung yang Laris Ayam Goreng Krispi
kompas.com

Kini, ayam goreng yang dibuat dengan bumbu krispi tak hanya disukai oleh masyarakat perkotaan saja. Namun, banyak juga masyarakat pedesaan yang menyukai jenis ayam tersebut. Harganya pun cukup murah, dan konsumen bisa makan dengan puas dan kenyang.

Rasa dari ayam krispi ini gurih, enak dan renyah. Tak hanya dijadikan lauk untuk makan nasi, ayam krispi juga enak dijadikan cemilan saja. Itulah sebabnya potensi berjualan makanan ayam krispi ini bisa menjadi pilihan yang sangat menguntungkan.

8. Lotek

Gambar Jualan Makanan yang Laris di Kampung Lotek
wikipedia.org

Makanan tradisional khas Indonesia yang terdiri dari sayuran kemudian dicampur dengan bumbu kacang yang disebut dengan lotek, juga menjadi makanan favorit banyak orang terutama di pedesaan.

Makanan tradisional ini berasal dari wilayah Jawa Barat, sehingga mudah ditemukan di Jawa Barat. Selintas, lotek ini hampir mirip dengan makanan gado-gado karena sama-sama dicampur dengan bumbu kacang.

Maka makanan lotek juga bisa menjadi ide terbaik untuk berjualan makanan di kampung. Rasa dari lotek lebih manis dibanding dengan gado-gado karena di dalam bumbunya ditambahkan gula merah dan bumbu lain yang membuatnya menjadi lebih gurih.

Makanan ini bisa disajikan bersama nasi hangat atau bisa juga dengan lontong saja, lalu ditambah dengan bawang goreng dan kerupuk.

9. Usaha Warung Nasi

Gambar Jualan Makanan yang Laris di Kampung Warung Nasi
suara.com

Baik di kampung atau di kota, warung nasi menjadi salah satu jenis bisnis yang selalu ada. Maka di manapun Anda membuka usaha warung nasi, tentu akan menjadi bisnis yang cepat laku dan laris.

Keuntungan dari usaha warung nasi ini juga sering kali mencengangkan, karena banyaknya orang yang mencari warung nasi jika sedang berada di luar rumah.

Kebanyakan dari pelanggannya adalah orang-orang yang bekerja di luar ruangan dan mencari tempat makan yang praktis, lengkap dan murah.

Baca Juga : Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Anda bisa mencoba ide-ide lainnya untuk jualan makanan yang laris di kampung. Pastikan masyarakat di sekitar memang menyukai jenis makanan tersebut. Kualitas rasa selalu ditingkatkan dan beri pelayanan yang baik.

Tinggalkan komentar