Contoh Kalimat Promosi Makanan di Sosmed

Promosi adalah salah satu strategi pemasaran bisnis yang tujuannya menarik konsumen. Penggunaan kalimatnya menjadi suatu poin yang dianggap penting, karena hanya dari situlah pelanggan bisa tertarik kepada suatu produk. Untuk referensinya, ketahui contoh kalimat promosi makanan di sosmed agar lebih mudah mengenalkan brand Anda.

Apa Saja Ciri-ciri Kalimat Promosi?

Gambar Ciri-ciri kalimat promosi
caminofinancial.com

Penggunaan kalimat promosi yang unik dan menarik, hasilnya akan jauh lebih bagus. Dikarenakan calon konsumen akan mudah tertarik dengan apa yang Anda perjual belikan. Sebelum membuat kalimatnya, ada baiknya ketahui ciri – ciri dari kalimat promosinya terlebih dahulu supaya lebih jelas.

1. Kalimat Promosi Menggunakan Kata yang Tepat dan Menarik

Salah satu ciri dari kalimat promosi yang perlu diperhatikan oleh semua pelaku usaha, yaitu kalimatnya menggunakan kata yang tepat dan juga menarik. Buatlah kalimat yang sekiranya mudah untuk dipahami dan juga diingat oleh sebagian besar masyarakt. Dengan begitu, mereka akan selalu ingat produk Anda.

Selain itu, kalimat promosi yang dibuat juga harus mengandung kata yang sopan dan juga logis. Ada kalanya Anda membuat kalimat promosinya itu yang masuk akal saja dan mudah dimengerti konsumen. Seperti misalnya saja “Salad buah segar, enak dan menyehatkan. Hanya 5 ribu”.

2. Kalimat Promosi Menjelaskan Dengan Jelas Apa Yang Dijual

Selanjutnya, ciri dari kalimat promosi yaitu menjelaskan secara jelas terkait apa yang ingin Anda jual. Mengingat tujuan dari promosi / iklan sendiri adalah untuk menjelaskan barang maupun jasa yang hendak disampaikan pelaku usaha kepada khalayak luas. Jadi, jelaskan saja dan jangan dibuat rumit.

Intinya to the point saja, konsumen tidak memerlukan promosi yang berbelit-beli. Misalnya saja, ketika berjualan di pinggir jalan dan meletakkan X-Banner di sampingnya. Target Anda sudah pasti orang yang berlalu lalang bukan? Jadi, mereka butuh membaca dengan cepat seiring mereka lewat. Itulah kenapa kalimat promosinya harus jelas dan singkat.

3. Kalimat Promosi (Informasi Harus Ditonjolkan)

Selain itu, ciri – ciri penting dari membuat kalimat promosi yaitu informasi utama harus ditonjolkan terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk dapat meyakinkan masyarakat serta membuat mereka fokus ke dalam tulisan promosi Anda sejak pertama kali melihat kalimat promosi. Biasanya dibuat dengan ukuran besar.

Tren strategi pemasaran saat ini adalah dengan menonjolkan informasi utama dari dagangan kepada para konsumen. Biasanya sebagian besar pelaku usaha membuat tulisan promosi tersebut dalam ukuran yang cukup besar, serta membedakan warnanya dengan tulisan lain. Jadi, konsumen mudah fokus.

4. Kalimat Promosi Disampaikan Dengan Informatif dan Komunikatif

Kemudian, kalimat promosi yang Anda buat haruslah yang informatif dan juga komunikatif. Maksudnya adalah pesan promosi yang disampaikan kepada khalayak luas terkait produk atau jasa, harus memiliki sifat yang mampu memberikan informasi penting. Jadi, bukan hanya kalimat menarik.

Di samping kalimat unik dan menarik, pesan yang informatif juga diperlukan. Jadi, kalimat promosi yang diberikan harus yang mampu memberikan informasi sedetail mungkin, singkat serta mudah untuk konsumen pahami. Kalimat menarik hanyalah sebagai pelengkap saja, lainnya harus jelas.

5. Kalimat Promosi Memiliki Sifat Kalimat yang Persuasif

Kalimat promosi juga menggunakan kata yang sifatnya persuasif. Artinya promosi tersebut berisikan ajakan ataupun berupa bujukan, tujuannya adalah untuk dapat meyakinkan para masyarakat luas agar bersedia dan mau membeli produk yang Anda tawarkan kepada mereka. Kalimatnya mirip slogan.

Biasanya untuk kata slogan sendiri terdiri dari 4 sampai dengan 5 kata unik dan menarik, serta mengikuti trend saat ini. Ciri lain dari kalimat ini adalah memiliki sifat mengajak, menggunakan bahasa slogan, iklan dan juga himbauan. Selain itu, juga memakai rima supaya pembaca mudah mengingat.

6. Kalimat Promosi Harus Tepat Dengan Sasaran

Bentuk kalimat promosi yang baik itu, seharusnya disesuaikan dengan target pasarnya. Misalnya saja, jika Anda membuat targetnya adalah orang kalangan kelas menengah. Seperti contoh menjual makanan yang harganya terjangkau. Jadi, kalimatnya memiliki inti yang menyesuaikan target pasarnya.

Terlebih lagi ketika menyertakan foto di samping kalimat promosi, fotonya tidak begitu elegan. Dikarenakan target pasar Anda bukan merupakan orang kelas menengah ke atas. Namun, jika dibuat lebih unik dan kesannya menarik tidak apa-apa. Itu karena semuanya bergantung pada pebisnis.

7. Kalimat Promosi Menggabungkan Unsur Kata Dengan Gambar Produk

Selain menggunakan kata persuasif, kalimat promosi juga selalu diiringi dengan gambar dari suatu produk atau terkait jasa yang ditawarkan. Tentu saja hasilnya akan semakin menjadi lebih bagus, di samping kata yang Anda gunakan unik dan menarik. Penambahan gambar ini menjadi nilai plusnya.

Kalimat promosi seperti halnya iklan di televisi pada umumnya, selain kata – katanya menarik. Ada gambar atau berupa bentuk video dan diiringi dengan unsur suara di dalamnya. Namun, bentuk kalimat promosi ini lebih menjurus ke hal yang lebih sederhana saja.

8. Kalimat Promosi Memiliki Sifat Jujur dan Objektif

Seperti pada pembahasan sebelumnya, bahwa kalimat promosi ini menyerupai iklan. Jadi, informasi yang ada di dalamnya harus memiliki sifat jujur dan juga objektif. Itu artinya sebagai pelaku usaha, Anda tidak boleh berbuat curang dalam membuat kalimat promosinya. Seperti berbohong terkait produk.

Pada dasarnya, menggunakan kalimat prmosi yang sifatnya melebih-lebihkan memang diperbolehkan. Itu karena tujuannya memang untuk melakukan promosi supaya produk laku terjual. Namun, dalam artian boleh Anda tidak bisa menggunakan kalimat yang sifatnya berbohong.

9. Kalimat Promosi Tidak Boleh Merendahkan Produk Lainnya

Di dalam kalimat promosi yang baik dan benar, tidak seharusnya pelaku usaha membuat kalimatnya yang berisikan kata merendahkan produk milik orang lain. Terlebih lagi produknya sama, intinya buat saja kalimat yang informatif dan mengatakan bahwa jualan Anda mempunyai kelebihan tersendiri.

Mengingat setiap produk yang diperjual belikan itu pasti memiliki kelebihannya masing – masing, antara milik Anda dengan orang lain pun juga bisa ada bedanya. Jadi, tidak perlu sampai merendahkan dagangan yang lain. Hal ini bisa termasuk ke dalam strategi pemasaran curang.

10. Kalimat Promosi Mampu Menarik Perhatian

Kalimat promosi yang baik juga mampu menarik perhatian para konsumen. Bila kalimatnya tidak membuahkan hasil, maka produk yang Anda jual tidak bisa terjual dengan maksimal. Jadi, dalam membuat kalimatnya harus dipikirkan secara matang terlebih dahulu.

Dengan membuat kalimat promosi yang menarik, tentu saja para calon pembeli akan mempertimbangkannya baik – baik. Pastikan Anda membuat kalimatnya dengan kreatif dan menyesuaikan target pasarnya.

Apa Saja Kegunaan Kalimat Promosi?

Gambar Kegunaan Kalimat Promosi Makanan
muchosnegociosrentables.com

Seperti yang sudah Anda ketahui pada pembahasan sebelumnya, kalimat promosi ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang sifatnya mengajak. Dalam artian mengajak di sini adalah para calon pembeli bisa tertarik dengan apa yang diperjual belikan. Baik itu produk atau bahkan jasa.

Nah, kegunaan dari kalimat promosi ini sendiri adalah tidak lain karena ingin mengenalkan produk yang diperjual belikan dengan pembawaan kata yang unik dan menarik. Dengan membuat kata yang kreatif tersebut, akan ada sebagian besar calon pembeli yang tertarik dan ingin membeli suatu produk.

Kegunaan kalimat promosi sebagai bentuk pemasaran, saat ini bentuk promosi sendiri sudah banyak mengalami perkembangan pesat. Anda bisa membuat kalimat promosi lalu menyebarluaskan ke berbagai macam jenis sosial media. Target pasar tentu akan menjadi bertambah banyak.

Tips Dalam Membuat Kalimat Promosi

Gambar Tips Membuat Kalimat Promosi Makanan
eroskiconsumer.ef

Berbicara mengenai tips dalam membuat kalimat promosi, pada dasarnya setiap pelaku usaha pasti memiliki pemikiran kreatifnya sendiri – sendiri. Namun, di samping itu ada tips paten yang sudah seharusnya ada pada kalimat promosi tersebut. Seperti membuatnya dengan kata singkat dan jelas.

Membuat kalimat promosi itu tidak perlu panjang, tapi buatlah dengan kalimat yang singkat namun jelas. Tujuannya supaya para calon pembeli mudah untuk memahaminya, bahkan bisa mengingat produk Anda secara cepat. Kemudian, pilihlah kata yang mudah konsumen pahami (jangan berbelit).

Lalu membuat kalimat promosi juga harus menyesuaikannya dengan jenis barang atau produk yang dijual. Di samping itu, Anda juga patut memberikan alasan mengapa harus membeli produk tersebut. Tidak lupa juga buatlah kalimat dengan sifat yang persuasif, sifatnya mengajak.

Berbagai Macam Contoh Kalimat Promosi Makanan Terbaru Kekinian

Gambar Contoh Kalimat Promosi Makanan di Sosmed
rmit.edu.au

Mungkin bagi Anda yang sebagian besar pelaku usaha makanan kekinian, namun masih bingung untuk memilih kalimat promosinya. Tenang saja, karena ada banyak sekali beberapa ide kalimat iklan yang cocok untuk digunakan. Terlebih lagi saat mempromosikannya di sosial media.

1. Contoh Kalimat Promosi Makanan Bayar Di Tempat Atau COD

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini strategi pemasaran menjadi kian naik pesat. Termasuk cara mengiklankan produk, mengingat zaman yang sudah modern ini. Sekarang semakin marak yang namanya COD atau biasanya disebut sebagai bayar di tempat.

Anda bisa mempromosikan produk dengan menawarkan layanan bayar di tempat atau COD ini. Terlebih lagi jika produknya disematkan pada aplikasi, pelayanan ini pasti sangat memuaskan pelanggan. Misalnya “Mie Gacoan, siap antar ke rumah Anda, free ongkir, bayar di tempat juga bisa”.

2. Contoh Kalimat Promosi Makanan Free Ongkir

Selain itu, Anda juga bisa menawarkah bentuk layanan promosi berupa free ongkir. Bisa diartikan jika ada yang membeli dan mengantar produk sampai ke rumah pelanggan. Maka mereka tidak perlu membayar ongkos kirim. Cukup bayar produk belanjaannya saja.

Misalnya saja kalimat promosinya seperti ini, “Cardigan warna putih, untuk 5 pembeli pertama akan mendapatkan promo free ongkir se-Indonesia”, lalu ada lagi seperti “Salad buah per cup 5 ribu, siap diantarkan ke rumah Anda. Free Ongkir”, dan masih banyak lagi kalimat lainnya.

3. Contoh Kalimat Promosi Makanan Attention Food

Ada begitu banyak kalimat promosi kekinian yang bisa Anda gunakan, salah satunya dengan menggunakan Attention Food. Cara membuat kalimat yang mampu menarik para pembeli, Anda harus membuatnya dengan unik dan berbeda dari yang lain.

Seperti contohnya Attention Food ini, kalimat promosinya misal seperti ini “Hati-Hati! Salah buah ini bisa membuat Anda kecanduan. Setelah merasakan gejalanya, silakan hubungi kami dan kami siap membuatkan salad terbaik untuk Anda”. Lalu seperti ini “Mulailah mencicipi salad sayur nan sehat ini”.

4. Contoh Kalimat Promosi Makanan yang Menonjolkan Value

Contoh kalimat promosi yang bisa Anda gunakan lagi, yaitu kalimat yang lebih menonjolkan value atau nilai tambah. Meskipun melebih-lebihkan produk itu diperbolehkan, yang terpenting jangan sampai terlalu menjurus ke berbuat curang atau bohong.

Misalnya saja kalimat promosinya seperti ini, “Salad buah mengandung 100% bahan alami buah dan keju kraft serta susu berkualitas tinggi”. Lalu Anda juga bisa menggunakan kalimat, “Mie ini terbuat dari 100% bahan sayuran”.

5. Contoh Kalimat Promosi Makanan yang Relevan

Produk yang baik dan sesuai dengan target pasar adalah yang terbaik. Membuat kalimat promosi, memang tidak mudah. Namun, Anda bisa memulai dengan sesuatu yang bersifat relevan. Artinya, produk yang diperjual belikan cocok bagi sebagian target.

Misalnya saja kalimat promosinya seperti ini, “Salad buah ini, sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet”. Bisa juga menggunakan kalimat, “Minuman susu skim ini cocok untuk Anda yang mempunyai risiko penyakit gula tinggi”.

6. Contoh Kalimat Promosi Makanan yang ada Diskon

Pada hari-hari tertentu atau hari pertama buka, biasanya pengusaha kuliner akan memberikan harga diskon. Berikut adalah kalimat promosi yang pas.

Halo warga Banjarnegara, mari ramaikan Grand Opening Mie Ongklok Spesial. Diskon semua produk 40% untuk tanggal 13-14 April 2021. Wah.. ngga ada lawan kan promonya? Yuk buruan sikattt…!

“Promo untuk menu baru kami Yaki Ramen Goreng! beli 2 porsi free isi ulang es teh sepuasnya!

Lagi ada diskon menarik banget nih, khusus hari ini jam 13.00 – habis kamu bsia mendapatkan promo beli 2 Thai Tea gratis 1!

7. Contoh Kalimat Promosi Makanan untuk Buka bersama dan Catering

Ketika bulan ramadhan tentunya banyak orang yang ingin mengadakan buka bersama, contohnya “Buka bersama yang enak dan nyaman dimana ya? Ya di Warung Makan PLI-RIG! tersedia berbagai paket hemat mulai dari 15k! boking dari hari sebelumnya juga bisa kok

Ingin mengadakan acara namun tidak mau ribet menyiapkan makanannya? Yuk hubungi Nona Catering aja! harga bersahabat namun rasa servis konglomerat!

8. Contoh Kalimat Promosi Makanan yang Menonjolkan varian Menu dan Tempat

Untung warung makan yang memiliki banyak menu, dan ingin “menjual” tempatnya karena menarik, maka kalimat promosi berikut bisa digunakan.

Ingin makan enak tapi suasananya nyantai? Kamu bisa ke Warung Makan PLI-RIG untuk menikmati sate ayam, kambing, ikan-ikanan, dan berbagai menu lainnnya. Suasana? nyaman banget khas pedesaan dikelilingi kolam ikan!

Hanya di Cafe Semesta kamu bisa mendapatkan pengalaman ngopi ditemani wifi super kencang sekaligus tempat yang estetik. Cocok untuk nongkrong berjam-jam!

Baca Juga : Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Seperti itulah beberapa gambaran secara jelas dan detail mengenai contoh kalimat promosi makanan di sosmed. Beserta pembahasan tentang tips dan ciri dari kalimat promosi tersebut. Anda bisa menjadikan penjelasan di atas sebagai salah satu bahan pertimbangan sebelum membuat kalimat.

Tinggalkan komentar