Ciri-ciri Peluang Usaha yang Baik

Membangun usaha memang bukan hal yang mudah apalagi saat sedang tahap merintis. Namun, seorang entrepreneur yang cerdas akan selalu melihat peluang usaha dengan baik dan seksama. lantas apa saja ciri-ciri peluang usaha yang baik dan menguntungkan?

Ini Dia, Ciri-ciri Peluang Usaha yang Baik dan Menguntungkan!

Tidak akan tercipta usaha tanpa adanya sebuah peluang untuk membuka usaha tersebut. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, pastikan pahami terlebih dahulu tanda-tanda ada peluang bisnis yang bagus dan bertahan lama di depan mata. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Usaha Tersebut Dapat Menyelesaikan Masalah Konsumen

Gambar Peluang Usaha yang Baik dapat Menyelesaikan Masalah Konsumen
marketingdonut.co.uk

Ciptakan usaha sekiranya bisa menciptakan masalah yang tengah dihadapi konsumen. Sehingga tahap awal untuk mencari peluang bisnis tersebut adalah, dengan mencari tahu terlebih dahulu apa saja masalah yang sedang terjadi di tengah-tengah masyarakat, lalu ciptakan produk.

Produk baik barang maupun jasa yang dapat menjadi solusi dari segala permasalahan masyarakat cenderung akan lebih banyak dicari dan dibutuhkan.

Alhasil, peluangnya sangat besar karena bisnis yang akan Anda buat adalah apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Contoh, di sekitar tempat tinggal Anda banyak pabrik berdiri dan merekrut banyak karyawan di sana.

Biasanya karyawan yang kerja di kantor maupun pabrik mereka akan lebih sering membeli makanan daripada memasak. Jika di sekitar Anda belum ada yang berjualan makanan, jadikan ini peluang.

2. Bukan Usaha Musiman

Gambar Peluang Usaha yang Baik yaitu Bukan Usaha Musiman
voi.id

Sesuai namanya, usaha musiman tentu hanya akan bertahan pada musim tertentu. Sehingga usaha yang seperti ini cenderung kurang awet dan tidak tahan lama.

Sebab, ketika musimnya sudah habis maka usaha tersebut sudah tidak dibutuhkan lagi atau bahkan mengalami gulung tikar.

Banyak resiko dan tantangan yang harus dihadapi jika menjalankan usaha yang musiman. Selain hanya bertahan pada musim-musim tertentu di mana tren sedang terjadi, usaha ini juga banyak pesaing. Karena banyak orang yang akhirnya berlomba-lomba membuka usaha di bidang yang sama.

Contoh usaha musiman seperti kembang api dan terompet yang ramai hanya saat tahun baru, usaha layangan yang hanya ramai saat sedang tren, usaha jas hujan dan payung yang hanya dibutuhkan saat musim hujan.

Jika mengambil usaha musiman, disarankan untuk ada sampingan lain.

3. Unik dan Inovatif

Gambar Ciri-ciri Peluang Usaha Yang Bagus yaitu Unik dan Innovatif.jpg_fit=scale
forbes.com

Ada dua opsi yang harus dipilih oleh pebisnis yang ingin memulai usaha saat menentukan target market. Pertama, apakah akan mengikuti tren yang ada di masyarakat dan berebutan dengan pasar tersebut. Atau yang kedua menciptakan pasar baru.

Tentu akan lebih aman jika bisa menciptakan pasar baru, namun tantangannya cukup besar. Sebab, Anda harus memikirkan ide bisnis yang benar-benar unik dan inovatif di mana belum ada orang lain yang membuatnya. Jadilah pencipta trend dan bukan pengikut trend.

Contoh usaha yang unik dan inovatif misalnya membuat cemilan yang sehat dan bergizi serta gluten free. Di mana jenis makanan seperti ini masih sangat jarang ditemukan di swalayan manapun.

Dengan begitu, ini menjadi peluang bagus untuk meningkatkan kesadaran berpola hidup sehat.

4. Dapat Diterima Pasar

Gambar Ciri-ciri Peluang Usaha yang Bagus yaitu Harus Dapat Diterima
idtesis.com

Sebelum menentukan tempat dan produk untuk bisnis, alangkah baiknya lakukan analisis dan survei pasar terlebih dahulu.

Buat pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya berkaitan dengan apa produk yang akan diterima oleh pasar dan dapat memenuhi kebutuhan target market tersebut.

Anda bisa memulainya dengan melakukan analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats).

Artinya cari tahu terlebih dahulu apa kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan yang harus dihadapi di pasar tersebut. Jika sekiranya produk Anda tidak bisa diterima, cari pasar lain.

Target market yang bisa disasar tidak harus untuk pasar offline saja. Anda juga bisa mengamati perilaku orang-orang yang suka berbelanja online untuk mengetahui apa yang mereka sukai. Jangan buat produk yang kecil peluang diterima seperti membuat salon kecantikan di desa.

5. Resiko Kerugian Kecil

Gambar Peluang Usaha yang Bagus Resiko Kerugiannya Harus Kecil
patriotsoftware.com

Setiap orang yang ingin berbisnis pasti menginginkan profit sebagai tujuan utamanya. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa tidak semua usaha bisa mendatangkan profit. Karena resiko rugi pasti ada dan menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh setiap entrepreneur.

Namun, jika Anda masih dalam tahap merintis bisnis, pilihlah jenis usaha yang resiko kerugiannya kecil.

Lakukan analisa terhadap produk barang maupun jasa yang akan dijadikan bisnis, lalu cari tahu apa saja dan berapa besar kemungkinan resiko rugi dari usaha tersebut.

Contoh, jika Anda ingin usaha makanan pilihlah makanan yang lebih awet dan tahan lama serta tidak cepat basi.

Karena Anda belum tahu marketnya apakah akan suka dengan makanan yang dijual atau tidak. Untuk mengetahui selera konsumen, coba beri tester gratis.

6. Perhatikan Kelayakan Produk yang Akan Dijual

Gambar Ciri Peluang Usaha yang Bagus Harus Memperhatikan Kelayakan Produk
ctcproduct.com

Jangan coba-coba menjual produk yang tidak layak dijual. Tanya terlebih dahulu kepada diri sendiri dan posisikan diri sebagai konsumen.

Jika Anda menjadi konsumen, apakah bersedia membeli barang tersebut atau tidak? Ini juga bisa menilai apakah usaha tersebut layak dijalankan atau tidak.

Kelayakan produk ini bisa dinilai dari segi bentuk, cita rasa, kualitas, dan pelayanannya. Buat produk yang menarik dari berbagai segi tersebut agar konsumen menyadari bahwa produk Anda memang benar-benar berkualitas dan layak untuk dijual.

Contoh, saat Anda berbisnis makanan, maka jangan menjual makanan yang rasanya kurang enak atau bentuknya tidak estetik dan cenderung tidak mengundang selera.

Jika Anda menjual produk fashion, maka jangan jual produk yang reject, sobek, berlubang, dan lainnya.

7. Repeat Order Tinggi

Gambar Ciri-ciri Peluang Usaha yang Bagus Harus Memiliki Repat Order
mtdsalestraining.com

Cari peluang bisnis yang ketika produk barang atau jasa tersebut dijual, akan mendatangkan repeat order yang tinggi.

Konsumen datang lagi untuk membeli suatu produk bisa jadi karena terdorong oleh beberapa faktor. Baik dari produknya itu sendiri atau pelayanan yang Anda berikan.

Produk yang memiliki repeat order tinggi akan cenderung naik secara terus-menerus dan bisa ditingkatkan lagi ke dalam skala yang lebih besar.

Anda pun tidak perlu repot-repot membuat ide-ide baru demi bisnis tetap bertahan. Namun, ide-ide segar yang inovatif tetap diperlukan agar ada value added dari produk yang Anda jual untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Bukan hal yang mustahil pelanggan akan semakin cinta dengan produk Anda dan menjadi pelanggan setia.

8. Modal Minimal Hasil Maksimal

Gambar Peluang Usaha yang Bagus Modal Minim Untuk Maksimal
ecwid.com

Salah satu kendala pertama yang harus dihadapi oleh pengusaha pemula adalah bagaimana mendapatkan modal dalam waktu singkat dan banyak. Namun, di era digital seperti saat ini modal bukanlah jadi penghalang utama. Anda tetap bisa berbisnis meskipun dengan modal 0 rupiah.

Bagaimana caranya? Di era serba online ini Anda tidak perlu menjadikan tempat sebagai modal utama yang harus ada. Karena untuk membuka toko Anda bisa menggunakan media sosial atau marketplace yang sudah ada.

Modal produk? Saat ini sudah dikenal dengan yang namanya sistem marketer dan dropship. Artinya Anda tidak harus menyetok barang untuk bisa berjualan. Cukup promosi dengan foto yang ada dan pihak produsen yang akan mengirim ke konsumen.

Baca Juga : Macam Usaha Perdagangan

Selain melihat peluang dengan jeli, ada faktor lain yang tidak kalah penting untuk memulai usaha, yaitu segeralah mulai dan jangan ditunda-tunda. Dengan mempelajari ciri-ciri peluang usaha yang baik di atas semoga Anda sudah mendapat bayangan usaha apa yang akan dibuat.

Tinggalkan komentar